Memilih pemimpin itu seperti minum obat

Posted on


Hari ini adalah hari dimana PILKADA DKI putaran kedua digelar, ada dua psangan calon yang akan memperebutkan suara masyarakat Jakarta, pasangan Foke-Nara & Jokowi-Ahok.

Menurut saya, memilih pemimpin itu layaknya kita “minum obat” saat kita sakit, jadi kita mesti menjadi selektif, mesti mencari yang tingkat madhorot (resiko negatif) nya paling kecil, musti memilih yang efek sampingnya paling sedikit, syukur-syukur yang tidak menimbulkan efek samping sama sekali.

Bagaimana cara kita tahu pilihan yang madhorotnya paling kecil?

Kita semua tahu bahwa hampir disetiap kemasan obat itu selalu mencantumkan “komposisi” dan “efek samping”, sama halnya dengan pemilukada, kita bisa melihat jejak rekam masing-masing psangan calon, bisa dari media, bisa dari survey, bisa juga karena kita mengerti & mengalami langsung rekam jejak masing-masing pasangan calon, misalkan masyarakat Jakarta pasti tahu rekam jejak Foke-Nara, masyarakat Jakarta yang pernah tinggal di Solo dan Bangka Belitung pasti tahu rekam jejak Jokowi dan Ahok.

Dari situ kita bisa simpulkan pasangan mana yang “menurut kita” mempunyai “efek samping” yang paling minim.

Untuk para pemilih yang sudah menentukan pilihannya diputaran pertama dan ternyata pilihannya kalah pada putaran pertama tersebut, saya ibaratkan orang sakit yang hendak minum obat tapi obat tersebut sudah tidak diproduksi lagi, jadi ya mau tidak mau memilih yang minim madhorotnya tadi, daripada tidak meminum obat sama sekali, maka sakitnya akan bertambah parah dan berlangsung lama. Memang suatu saat nanti tanpa kita meminum obat,  sakit tersebut akan sembuh sendiri, tapi… sembuh disini ada dua artian, sembuh karena menjadi sehat atau sembuh dalam artian “mati”, karena mati juga berarti sembuh dari sakit.

So… tentukan pilihan Anda, yakinkan hati bahwa ketika Tuhan menciptakan “sakit” maka Tuhan juga menciptakan “obat” untuknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s