Qmail, Postfix, siapa yang rakus memory?

Posted on Updated on


Hari ini saya berhasil install postfix backend mysql di vmware dengan domain public di salah satu server oprekan, alangkah kagetnya ketika saya mencoba membandingkan penggunaan memory di server yang menjalankan Qmail dan Postfix yang dijalankan menggunakan vmware.

Komponen masing-masing server:

Server Qmail

  • CentOS 4.4
  • Qmail
  • Spamassassin
  • qmailscanner
  • Clamav
  • Vpopmail
  • courier-imap
  • Squirrelmail
  • Apache + php

Server Postfix

  • Ubuntu Server 8.04.1
  • Postfix
  • Spamassassin
  • Amavisd-new
  • Dovecot
  • Squirrelmail
  • Apache + php + mysql

So… mau pilih yang mana?

17 thoughts on “Qmail, Postfix, siapa yang rakus memory?

    Vavai said:
    August 20, 2008 at 12:53 am

    Pilih Zimbra🙂

    Meski lebih rakus tapi lebih nyaman digunakan (tentu saja atas dasar asumsi saya pribadi)😀

    Salam kenal

    invaleed responded:
    August 20, 2008 at 1:16 am

    Klo newbie (seperti saya) install zimbra, takutnya besuk dihadapkan pada mesin postfix selain zimbra pasti kelimpungan, karena konsep dan cara kerja nya nggak ngerti, soalnya pas install dan configure zimbra tinggal next – next aja🙂

    Requirement 1 GB RAM minimal (buat testing), apalagi klo buat production, bikin mrinding, hehehe…., lha wong ini aja pake vmware dengan memory 400MB…

    Sekalian nanya, zimbra bisa diinstall tanpa LDAP nya nggak?

    Salam kenal juga Om Vavai…🙂, eh kado OpenSuse nya mana? :p

    Vavai said:
    August 20, 2008 at 1:29 am

    Zimbra pada dasarnya adalah postfix yang di emulasi. Kalau mas jago postfix tentu saja Zimbra soal kecil😀

    Req 1 GB sebenarnya tidak mutlak. Saya biasa pakai RAM 512 MB untuk testing. Waktu presentasi di acara Ritech Expo, saya menggunakan VMWare juga, dengan vmware memory=512 MB.

    Soal LDAP, Kalau yang dimaksudkan adalah menggunakan LDAP dari komputer lain, semestinya bisa. Zimbra menggunakan LDAP untuk menyimpan credential user. Pada saat install Zimbra dan ada pertanyaan soal LDAP, pilih saja no.

    Link : http://www.zimbra.com/forums/installation/9684-install-zimbra-without-ldap.html

    Kado openSUSE ? Mau diambil dimana ? Atau mau datang ke Kopdarnya openSUSE yang ke-9 di Bekasi ?

    invaleed responded:
    August 20, 2008 at 1:42 am

    Yup, Zimbra = Postfix yang di customize + otomatisasi, makanya musti tau dulu secara konsep dan cara kerjanya, makanya saya lebih prefer ngoprek dulu, baru pake yang next next…🙂

    Zimbra dengan 512 MB dengan postfix biasa dengan 512 MB tentunya akan beda🙂

    Maksud saya tentang LDAP, saya tidak mau pasang LDAP sama sekali, baik yg dari Zimbranya maupun LDAP dari komputer lain.

    Kado OpenSuse?, saya bisa ambil dmn? klo ke kopdar saya nggak pede, saya nggak pernah sama sekali pake Suse/OpenSuse, ntar cuma 3D… Datang…. Duduk…. Dlongop…😀

    Thanks link nya, tapi disitu kan karena LDAP nya mau menggunakan LDAP di server lain, klo yg saya pingin, tidak ada LDAP sama sekali, bisa nggak?

    Wisu said:
    August 20, 2008 at 6:08 am

    Zimbra rules… yang jelas meringankan kepusingan…😛

    anyway… ada konsep menarik… kapan resource mulai diajari klak-klik GUI?

    Fikar said:
    August 20, 2008 at 6:34 am

    Iya, Zimbra memang lebih irit memory…

    invaleed responded:
    August 20, 2008 at 5:03 pm

    @ P’ Wisu
    Hehehe, zimbra minded nih ye… :p

    @ Fikar
    Kata siapa zimbra lebih irit memory?
    Dengan java sebagai front end nya… pasti boros memory… :p

    Wisu said:
    August 21, 2008 at 1:50 am

    Iya iya lah Don… mending memory komputer yang ringan opo memory mu…

    Haahahahhahaha….😛

    invaleed responded:
    August 21, 2008 at 2:08 am

    Hahaha, memoryku mah mending gawe ngapalke utang…😀

    &War said:
    August 21, 2008 at 2:26 am

    Lha mbandingin ama CentOs dan Hardy server .. yoo mesti aza .. keliatan mana yg ringan ..
    perintah free .. kan ngececk keseluruhan memory .. gak tahu .. ntuh memroy di pake untuk mikirin .. applikasi mail yang sedang jalan ato malah mikirin utang .. hue hue hue ..

    invaleed responded:
    August 21, 2008 at 2:35 am

    @ &War
    CentOS ku aku install minimal kok tanpa GUI🙂, harusnya ndak beda jauh dengan Hardy server, toh service2 yg jalan juga standar minimal instalasi🙂

    Harusnya # free | grep utang :p

    whoiskliwon said:
    August 27, 2008 at 5:23 am

    Nice article…aku pilih nggo zimbra wae lah.saiki aku gawe zimbra untuk hosting 2 domain active

    [root@webmail ~]# free
    total used free shared buffers cached
    Mem: 2067260 1928300 138960 0 164596 523140
    -/+ buffers/cache: 1240564 826696
    Swap: 2096376 132 2096244

    invaleed responded:
    August 27, 2008 at 5:26 am

    Hahaha… kena virus zimbra juga ternyata🙂
    Btw, nganggo LDAP juga?

    whoiskliwon said:
    August 28, 2008 at 1:24 am

    hu uh..pake LDAP, arep hosting email ora ditempatku ? hehehe

    invaleed responded:
    August 28, 2008 at 6:58 am

    @whoiskliwon
    Eh aku bagi satu account email dunks, meh nyoba webmaile zimbra…🙂

    whoiskliwon said:
    August 29, 2008 at 1:38 am

    kirim email wae username and password-e ke emailku whoiskliwon@gmail.com.Ok..

    wahyu said:
    September 18, 2008 at 10:31 am

    kalau saya ma pilih dua2 heee

Leave a Reply

