Resize linux with gparted & Create Dual Boot

Posted on Updated on


Dikarenakan kebutuhan akan software-software under windows, maka saya merelakan notebook full ubuntu saya berbagi dengan Windows XP, yup… dual boot…🙂

linux windows
Ini sekedar menceritakan pengalaman tentang cara meresize partisi linux, kemudian menginstall windows XP, kemudian mereinstall bootloader (grub), jika ada yang kurang atau salah silahkan dikasih comment…🙂

Langkah pertama yang saya lakukan adalah meresize partisi linux, dan ini adalah pengalaman pertama kali saya resize partisi linux menggunakan qparted, nggak susah kok, cukup boot komputernya via live cd linux (Ubuntu), kemudian umount partisi yang mau di resize, kemudian jalankan gparted pilih resize partisi, tunggu beberapa waktu dan gotcha…. resizenya sukses🙂

Screenshoot gparted bisa dilihat disini

Kemudian step selanjutnya adalah menginstall windows di partisi yang sudah kita sediakan (hasil resize menggunakan gparted tadi), dan step-stepnya dah tau kan? jadi ndak perlu ditulis panjang lebar disini…🙂

Yang perlu diingat adalah ketika kita install windows dimana di dalam komputer tersebut sudah terinstall linux, maka bootloader linuxnya akan ketimpa dengan bootloader nya windows, makanya kita perlu install lagi bootloader linux nya (grub).

Step selanjutnya adalah reinstall grub… caranya? sebenernya di google banyak sekali tutorial untuk reinstall grub, tapi ndak ada salahnya juga saya tulis disini:

  • Boot komputer menggunakan live CD linux (kebetulan saya pake Ubuntu)
  • Buka linux terminal kemudian pastikan di partisi mana boot partision linux berada:
  • sudo fdisk -l

  • (kebetulan di komputer saya partisi bootnya ada di /dev/sda2 (jika di grub maka diartikan menjadi (hd0,1) , maka dari itu jalankan perintah :
  • sudo grub

    grub> root (hd0,1)

    grub> setup (hd0)

    grub> quit

  • Kemudian Reboot…

Btw, eit… langkahnya ternyata belum selesai, saya harus edit menu.lst untuk menambahkan list windows XP di menu grub ketika booting, caranya:

sudo vim /boot/grub/menu.lst

tambahkan :

title Microsoft Windows XP Professional
rootnoverify (hd0,3)
savedefault
makeactive
chainloader +1

ini adalah hasil dari “sudo fdisk -l” di komputer saya:

byte@delta:~$ sudo fdisk -l

Device Boot Start End Blocks Id System
/dev/sda4 * 3782 4864 8699197+ 7 HPFS/NTFS

Disitu terlihat bahwa pasrtisi windows saya ada di /dev/sda4, maka di menu.lst saya edit menjadi “rootnoverify (hd0,3)”

Langkah selanjutnya adalah restart komputer….🙂

Jika setelah di restart ternyata list menu di grub nya belum kelihatan, maka pastikan settingan hiddenmenu di menu.lst dicomment (didisable).

sudo vim /boot/grub/menu.lst

## hiddenmenu
# Hides the menu by default (press ESC to see the menu)
# hiddenmenu

Sekarang notebookku telah menjadi dual boot… hihi… welcome to my world, windows🙂

2 thoughts on “Resize linux with gparted & Create Dual Boot

    Payaman said:
    September 19, 2007 at 1:10 pm

    Great tutorials, nice share…🙂

    invaleed responded:
    September 20, 2007 at 2:32 am

    Mudah2an bermanfaat…. Amien..🙂

Leave a Reply

