Xplor Nyebelin…!!!

Posted on Updated on


Hampir dua bulan saya menggunakan kartu XL pasca bayar (Xplor), tapi kesan yang timbul selama menggunakan Xplor kok tidak seindah yang saya inginkan😦, bayangkan saja hampir tiap minggu kartu saya selalu mengalami masalah (error).

Awalnya… ketika saya sedang asyik-asyiknya menelpon kesalah satu teman saya (sesama XL, sesama Xplor, Sesama Area (JAKSEL)), tiba-tiba telpon saya terputus, saya pikir mungkin kepencet “end call” atau apa…, akhirnya saya coba call lagi.. eh ternyata nggak nyambung-nyambung, muncul error “Number not in use”, walah…., saya coba berpositif thinking… maybe sinyalnya nggak bagus, walau indikator sinyal berupa bar di HP saya (Nokia 6610) menunjukkan sinyal sangat bagus, ini terbukti dari penuhnya bar indikator sinyal di handphone saya.

Dugaan saya selanjutnya adalah adanya masalah di nomor yg saya hubungi, saya coba switch menggunakan kartu pasca bayar dari provider laen (Hallo), kemudian saya coba call ke nomor yang sama (teman saya) ternyata nyambung dan saya tanyakan apakah ada masalah dengan koneksi maupun handphone nya ketika saya telpon tadi menggunakan Xplor? dan dia menjawab “tidak ada masalah”, jadi jelas tidak ada masalah di sisi orang yg saya telpon😦, dan untuk mengecek lagi, saya coba switch lagi ke kartu Xplor, saya coba call lagi… eh masih tetep ndak bisa😦 “Number not in use”.

Sampai disini saya coba masih positif thinking, mungkin limit saya telah habis (Xplor bisa dilimit sesuai keinginan), saya coba cek menggunakan Bill kirim ke 9767, report yang saya dapatkan, penggunaan kartu Xplor saya masih jauh dari limit, jadi nggak mungkin banget jika masalah ini dikarenakan limit saya sudah habis.

Terus??? Ok, saya coba call ke 818 bagian keluhan, saya utarakan problem yang saya hadapi, awalnya mbak-mbaknya di 818 itu yakin bahwa koneksilah (jaringan crowded, atau jaringan nggak bagus) yang menjadi penyebab, tapi setelah saya paparkan bukti-bukti yang saya punya, akhirnya dia menawarkan agar kartu saya di refresh, kemudian dia meminta saya mematikan handphone 5 – 10 menit, Ok, akhirnya saya mengalah untuk menerima kartu saya di refresh dan kemudian mematikan handphone kurang lebih 5-10 menit.

Ternyata keanehan tidak berhenti sampe disini, ketika saya coba mematikan handphone (cabut batre, cabut kartu Xplor) beberapa menit kemudian saya pasang kembali, saya coba call lagi… eh ternyata nyambung, tapi… bukan ke nomor yang saya tuju, melainkan ke nomor orang lain ( saya menerima jawaban “ada apa kok nelpon-nelpon?”), padahal jelas-jelas saya menelpon nomor teman saya (yakin 100% tidak salah pencet nomor), dan anehnya lagi… teman saya yg di seberang telpon sana mendengar suara saya yang berkata “Hallo… Hallo… Hallo…”, setelah saya tanyakan ke bagian keluhan kartu Xplor di 818, mereka mengatakan itu namanya “Cross Connection, biasa…”, loh… error kok biasa?😦

Ok.. sampe disini saya makin gerah, saya coba call ulang ke nomor temen saya, akhirnya nyambung juga ke nomor temen saya, akhirnya…!!!, sekarang coba bayangkan, jika ini terjadi ketika saya menelpon salah satu customer atau calon customer penting yang bisa mendatangkan ratusan juta dollar untuk perusahaan saya, tiba-tiba di tengah jalan percakapan terputus, dan saya tidak punya nomor cadangan?, bukankah hal ini sangat merugikan? apalagi kalau sampai saya kehilangan customer tersebut? berapa ratus juta Dollar yang harus terbang jika saya harus menunggu 5-10 menit menunggu kartu kita normal kembali?

Baiklah… untuk problem telepon yg sering terputus saya pikir cukup sampai disini, sembari saya tunggu apakah problem seperti ini akan terus terjadi?

Problem laennya adalah, saya pernah ngalamin, tiba-tiba sinyal di HP saya Blank sama sekali…. saya pikir karena emang lagi gak ada sinyal, ok saya coba ganti pake kartu “jempol”, ajaib.. sinyalnya penuh…:( , trus saya coba ganti lagi menggunakan Xplor, eh ajaib, sinyal hilang😦 , ya udah akhirnya seharian saya ndak pake tuh kartu😦

Ada lagi hal yang mungkin bagi saya pribadi sangat menganggu, dan membuat tidak comfort menggunakan kartu Xplor, yaitu; banyaknya iklan yang saya dapatkan melalui SMS di kartu Xplor baik itu dari layanan XL sendiri (Cust. Service) atau dari layanan lain, contoh, dalam satu hari kmrn ( 25-05-2007) saya mendapatkan 3 (tiga) iklan yang isinya :

Iklan 1 :

Mau sms-an rahasia dg temanmu? Khusus HP JavaMIDP2.0 phones, ketik REG krm ke 3535. Download aplikasi Rp. 8000. Langganan bln berikutnya rp. 5000/30hr (Blm PPN + GPRS)

Iklan 2 :

Mau nonton konser ROLLING STONES di Jerman GRATIS?? ikutin aja kuisnya, tinggal ketik REG<spasi> JER kitim ke 9899, cepetan jangan sampe ketinggalan.. CS: 02157940798

Iklan 3 :

Ekspresikan SMS-mu dg gambar melalui Xpressive SMS dari XL, ketik REG sms ke 2767. Biaya langganan Rp. 5000/30hr (blm PPN). Biaya kirim sesuai tarif SMS

Semua sendernya berasal dari Cust. Service.

Pernah juga saya mendapatkan SMS iklan yang berisi kira-kira seperti ini :

“Pingin dapat pulsa gratis 50rb silahkan kirim SMS bala..bla…bla….”

kebetulan hari itu saya iseng saya coba ketik SMS dan saya kirim, eh tau-tau saya dapet balesan bahwa saya sudah ikut SMS Astronomi, padahal jelas-jelas di SMS penawaran itu tidak di sebutkan bahwa ini adalah “Layanan SMS Astronomi”, jadi kalau menurut saya, SMS ini bisa dikategorikan “Penipuan”, karena saya yakin 100% di SMS penawaran tersebut tidak di sebutkan bahwa ini adalah “layanan SMS Astronomi”, jadi jika orang baca SMS penawaran tersebut, pasti berpikiran ini adalah layanan dari XL, eh ternyata bukan….😦

Saya jadi teringat Tante saya di jawa timur yang punya anak umur 12 tahun yang menerima SMS sama seperti SMS yang saya terima, kemudian si Anak tersebut mengirimkan SMS seperti yang di tulis di SMS penawaran tersebut, yang berharap akan mendapatkan pulsa gratis dari XL, eh malah akhirnya keterusan dan tidak tahu cara untuk berhenti berlangganan SMS layanan tersebut, hingga akhirnya diputuskan untuk mengganti/ membuang nomor tersebut dikarenakan pulsanya selalu berkurang jika menerima SMS layanan tersebut, dan akhirnya memilih “three” untuk menggantikan kartu XL nya, coba lihat….!!! bukankah pihak XL yang rugi? karena kehilangan pelanggan prospek seperti tante saya? (tante saya tuh klo ngisi pulsa bisa sampe 3-5 kali 100rb dalam sebulan), ya kalau dilihat dari nominalnya sih mungkin sedikit, tapi coba jika ini terjadi ke 1000 pengguna XL?.

Mudah-mudahan problem-problem yang saya alami sekarang ini segera akan ditindak lanjuti oleh pihak Xplor, agar saya sebagai pengguna Xplor dapat merasa comfort dan puas, dan juga supaya keputusan “Tante” saya yang berpaling ke provider lain tidak menular kepada saya, Amien…

19 thoughts on “Xplor Nyebelin…!!!

    jendalsepit said:
    June 3, 2007 at 5:08 pm

    padahal sy bererncana migrasi dari pra ke pasca (bebas – xplor). Tapi kalo kenyataanya kayak gini, nanti dulu deh ^^.
    dulu juga pernah dapet SMS Astronomi kayak di atas, sy juga gak tahu kalo itu Astronomi, tapi bisa langsung UNREG, Alhamdulillah. Btw, smoga CS XL tahu berita ini ya. Di forward aja ke email CS XL bro.

    salam

    dece said:
    June 11, 2007 at 11:21 am

    Sebagi pemakai kartu bebas…saya jarang mengalami masalah dengan XL. sering sih dapat sms penawaran penawaran via sms.. tapi gak aku hiraukan. pengen sih migrasi ke explor,

    invaleed responded:
    June 12, 2007 at 1:43 am

    Sebetulnya ane pake kartu xl ini hanya pingin gunain paket “megadata” koneksi inet 250MB selama sebulan dengan tarif perbulan Rp. 99.000;- tapi sampe skrg blom sempet ke XLCenter🙂

    Ivan AW said:
    June 28, 2007 at 4:19 am

    Saya mengalami hal yang sama seperti anda.

    Saya melakukan migrasi dari kartu Bebas ke Xplor dengan tujuan bisa menggunakan paket data yang ditawarkan dengan harga Rp 100 ribu/bulan untuk kuota 250MB. Saat saya melakukan pendaftaran (di XL Center Jalan Kaliurang Yogyakarta, sekitar tanggal 17 Mei 2007 seingat saya), mbaknya terkesan bingung dan gak ngerti banyak tentang paket Mega Data, dan harus mengkonfirmasi ke 1 – 2 orang staf lainnya. Beruntung seorang staf laki-laki bisa menangani hal ini, dan akhirnya melayani saya untuk melakukan proses pendaftaran paket Xplor sekaligus Mega Data.

    Setelah selesai mengisi form registrasi, mas tersebut memberitahukan bahwa paket Xplor akan diaktivasi terlebih dahulu, dalam beberapa hari setelah survey, setelah itu baru paket Mega Data, yang memerlukan waktu hingga satu minggu.

    Selang beberapa hari (21 Mei 2007), setelah mendapatkan survey, saya menerima telepon dari XL bahwa paket Xplor sudah aktif. Lalu saya menanyakan bagaimana dengan paket Mega Data. Mbaknya menjawab kalau hal itu ditangani oleh bagian/divisi yang berbeda sehingga dia sama sekali tidak tahu statusnya. Lalu setelah beberapa hari (dimana saya percaya bahwa paket Mega Data sudah diaktivasi), saya mencoba menelepon XL Center 818, dan menanyakan tentang paket tersebut. Ternyata saya mendapatkan jawaban bahwa perlu waktu antara 1 minggu hingga paling lama 1 bulan untuk memproses persetujuan paket tersebut. Jawaban ini tidak sesuai dengan informasi pertama yang mengatakan bahwa paling lama 1 minggu sejak registrasi saya, maka paket Mega Data sudah bisa aktif.

    Karena pekerjaan saya sangat memerlukan akses internet segera, maka saya memilih untuk menggunakan provider internet mobile lain (yang hanya memerlukan kurang dari 1 jam sejak proses registrasi hingga aktivasi!). Lalu saya datang ke XL Center lagi untuk membatalkan paket Mega Data karena prosesnya yang terlalu lama. Setelah dikonfirmasi ke pusat, maka saya diberitahukan bahwa paket tersebut sudah berhasil dibatalkan.

    Namun yang membuat saya heran, ternyata pada tagihan pertama yang saya terima 2 minggu kemudian, di situ tercantum paket Mega Data sebesar Rp 99.000,- Padahal saya sudah membatalkan paket tersebut sebelum paket tersebut diaktivasi, dan staf XL pun mengatakan “bisa” pada waktu saya mengajukan pembatalan (hal ini sudah dikonfirmasi oleh petugas XL Center di Jl.Kaliurang Yogyakarta). Sehingga saya terpaksa datang lagi ke XL Center dan mengajukan keberatan. Tetapi jawaban yang saya terima adalah saya tetap dikenakan biaya karena telah mendaftarkan, dan paket telah diaktivasi.

    Jika memang saya harus dikenakan biaya karena sudah mendaftarkan, mengapa pada saat pembatalan tidak ada konfirmasi sama sekali? Logikanya jika saya memang tetap harus membayar, maka saya akan biarkan saja paket tersebut sampai tanggal aktif-nya dan bisa saya gunakan dulu selama periode pembayaran, dan baru saya batalkan pada siklus tagihan bulan berikutnya. Saya mengajukan logika tersebut ke staf wanita XL, dan jawabannya hanya mengulang-ulang bahwa itu sudah aturan dari sistemnya, dan tidak bisa diubah. Akhirnya karena lelah berdebat tanpa hasil, saya dengan enggan menyanggupi untuk membayar semua tagihan tersebut. Dan pada titik ini saya berasumsi bahwa proses pembatalan saya pada waktu itu ternyata tidak diproses, terbukti pada tagihan tercantum paket Mega Data sudah diaktifkan sebagai salah satu fitur yang tersedia dalam layanan Xplor saya.

    Jadi saya katakan, karena sudah terlanjur, dan sudah diaktivasi (dan saya juga sudah mendapatkan tagihan), maka saya akan melanjutkan paket Mega Data saja. Lalu saya meminta staf XL tersebut untuk memeriksa ulang apakah benar paket tersebut masih aktif saat ini. Setelah dia menelepon ke pusat selama beberapa saat, saya mendapatkan jawaban bahwa paket tersebut sudah tidak ada, karena sudah dibatalkan pada tanggal pertama kali saya melakukan proses pembatalan. Ini benar-benar membuat saya bingung! Jika memang pada tanggal tersebut sudah dibatalkan, dan pada saat itu sudah dikonfirmasi bahwa paket tersebut belum aktif, dan juga dikatakan memungkinkan untuk pembatalan – maka mengapa saya bisa mendapatkan tagihan??

    Semua ini membuat saya jengkel. Pelayanan XL sama sekali tidak memuaskan. Jika saya datang ke XL Center lain, maka jawaban yang diperoleh bisa sangat bervariasi, dan bahkan beberapa di antaranya sangat TIDAK LOGIS untuk ukuran orang awam sekalipun! Memang mereka berusaha menjawab komplain customer dengan ramah tamah, tapi semua kata-kata mereka tidak berbobot dan tidak ada poin untuk solusi sama sekali. Kesimpulan implisit yang bisa didapatkan dari semua kata-kata mereka adalah bahwa agar saya menerima saja semua aturan tersebut, dan membayar apa yang jadi kewajiban saya, karena memang sudah itu “aturan dari perusahaan”, “aturan dari sistem” (begitulah yang saya dengar berkali-kali).

    Sebelumnya saya cukup puas menggunakan kartu Bebas, dan saya berpikir bahwa dengan menjadi pelanggan pasca-bayar, saya akan mendapatkan layanan yang lebih lagi dibandingkan dengan pra-bayar. Namun hasilnya sungguh mengecewakan, dan saya hanya membuang waktu kerja, tenaga, dan uang saya karena harus berurusan dengan layanan XL yang buruk, tidak terorganisir dengan baik, dan tidak mengutamakan kepuasan pelanggan dalam membuat sistem.

    owner said:
    July 18, 2007 at 8:34 am

    saya makenya xl jempol. aman klo buat spare. cukup load 10rb, bisa aktif 30 hari. t3nggang 30 hr

    primary sih pake indosat punya

    A Tribute to My Ego! said:
    August 16, 2007 at 6:11 pm

    Tarif Xplor Naik !! tapi katanya ini tarif promosi

    Tarif Xplor NAIK untuk pembicaraan antar operator efektif bulan 18 Agustus ini, (tarif promosi si katanya 18 agustus – 30 november)
    Barusan buka surat dari XL, pemberitahuan perubahan tarif XPLOR katanya, diskon jadi 1 rupiah ke sesama XL dan 9 rupiah …

    tukang nulis said:
    November 5, 2007 at 1:27 am

    gue kutip untuk gue tulis di koran boleh ye?

    invaleed responded:
    November 5, 2007 at 7:04 am

    Silahkan mas, mudah2an bisa jadi koreksi buat si provider nya…🙂

    marif said:
    February 14, 2008 at 2:31 am

    kalo soal spamming sms promo dr XL gw jg sering dapet, satu yg gw gak bisa unreg, mohon dikasih tau caranya berhenti langganan Xpressive SMS, perasaan dulu gw udah pernah unreg tp kok bulan ini muncul sms = “terima kasih berlangganan Xpressive SMS anda telah diperpanjang ….bla..bla …”

    Jovan said:
    March 19, 2008 at 4:12 am

    Betul tuh aku juga malas dengan banyaknya iklan di xplor,
    udah komplain ke 818 berkali-kali tetep aja dapet spam sms,
    akhirnya gue putuskan aja cinta gue ke xplor sekarang udah
    aman gak pernah dapet spam lagi.

    bagi yang belum punya nomornya XL gue saranin mending cari yang lain, bagi yang sudah mending pikirkan cari lain aja. ini bukan promosi operator lain tapi merupakan expresi kejengkelan saya terhadap proxl tentang SPAM SMS nya.

    roni said:
    April 4, 2008 at 7:46 am

    unreg xpressive sms gampang.

    gw juga dulu pernah ikut tuh. cma 2 bulan.
    klo mo stop:
    caranya cuma tulis unreg terus kirim ke shortcode nya (lupa…)
    klo ga salah 4767 atau 2767 yah..

    semua operator sama kaleee spam nya banyak…

    gw dah pernah kok smua operator.. sama aja span nya..

    invaleed responded:
    April 4, 2008 at 7:55 am

    @ Roni
    Saya skrg menggunakan kartu Hallo (maaf bukan promosi) tapi saya ndak pernah nerima spam2 seperti saat saya menggunakan Xplor, ada sih, satu dua, tapi itu jarang banget….🙂

    Mr-Bob said:
    May 2, 2008 at 9:45 am

    Saya Juga udah 3 tahun pake XPLOR, tapi ketika harga XL meluncur BEBAS akhirnya saya berhenti berlangganan XPLOR beralih ke XL Bebas.

    Kalo yang mas alami mah udah biasa, namanya jaringan PADAT kalo udah ga kuat masalahnya macam2…. seperti : Connection Error, Crosstalk dll.

    Tapi ada keuntungan juga lho …..
    Kalo jaringan lagi padat kayak gini biasanya Server XL BUSY, nah kalo timingnya pas …. kita bisa nelpon GRATIS Sepuasssnya kemana saja … kapan saja ….. dengan pulsa 0.
    Jadi pulsa musti 0 biar ga kena cas, terus telp aja se;puasnya dijamin. Saya di Aceh pernah nelp GRATIS selama SEMINGGU kemana saja, kapan Saja.

    tapi rahasia ya … (sssst jangan dikasih tau yang laen ntar BUG-nya di koreksi ama operator XL Hehe 3x🙂 )

    See U

    Rio said:
    May 6, 2008 at 4:19 am

    kalo cara unreg tausiah aa gym gimana sih caranya

    bukhari yahya said:
    November 26, 2008 at 2:32 am

    saya pemakai xplor dan sangat tidak puas dengan pelayanan xplor, persis seperti dengan paparan di atas oleh penulis blog ini.

    Tapi sampai sekarang saya belum beralih, bukan karena layanannya membaik, tetapi karena saya tidak mungkin berpindah ke provider lain dengan nomor HP saya yang tidak berganti (Karena pertimbangan bisnis, mengganti nomor HP kurang/tidak menguntungkan)

    Saat ini saya hanya pasrah menunggu perbaikan pelayanan Xplor

    Salam

    Leo said:
    December 26, 2008 at 3:45 am

    Wah saya juga kecewe ma Xplor, saya pake xplor cuman biar bisa dapet nomer cantik terus mau migrasi ke Bebas. Eh setelah saya tunggu 1/2 tahun ternyata ga bisa dimigrasi karena nomer saya harganya >700.000 Padahal ketika saya beli Xplor, salesnya bilang klo nanti bisa migrasi….Sial saya ditipu mentah-mentah

    hars said:
    October 29, 2009 at 2:35 pm

    cara me unreg xpressive SMS bagaimana, dan kirimnya ke nomor berapa???????????
    coz pulsaku terbuang sia sia.

    Hehe said:
    November 17, 2009 at 7:48 am

    cara me unreg xpressive SMS bagaimana, dan kirimnya ke nomor berapa???????????
    coz pulsaku terbuang sia sia.

    Caranya : UNREG send to 2767

    http://www.xl.co.id/XLPascabayar/LayananStandar/Personalisasitelponku/XpressiveSMS.aspx

    ria said:
    February 9, 2010 at 8:32 am

    aku juga sama, mau berhenti paket Xpressive SMS tapi ga bisa2 yang ada malah pulsa terus terpotong, aku coba UNREG, UNSUB dapet balasan “anda telah berhenti berlangganan, tapi tetap aja pulsanya terpotong terus, aku coba cari cara untuk berhenti tapi ga jawaban, mungkin kalo ada yang tau bagaimana caranya tolong aku di kabari..

    aku ga pernah menggunakan Xpressive SMS tsb, tapi kok aplikasi yang ga penting itu ga bisa di hilangin ya?
    padahal aku pengguna XL udah lama, sayang sekali kalo aku mesti ganti no.hanya karna XpressiveSMS..
    minta bantuannya dong..

    thx

Leave a Reply

